Maandag 03 Junie 2013

BAB 15 - HUBUNGAN PEKERJA (SERIKAT PEKERJA) DAN PERUNDINGAN BERSAMA



A.      Pengertian Serikat Pekerja
Serikat Pekerja adalah upaya para pekerja  dan badan – badan di luar perusahaan (serikat buruh atau asosiasi) untuk bertindak sebagai satu kesatuan ketika berhubungan denan manajemen mengenai masalah – masalah yang berkaitan dengan pekerjaan mereka. Bila diakui oleh National Labor Relations Board, sebuah serikat buruh mempunyai otoritas yang sah untuk bernegosiasi dengan pihak perusahaan atas nama para pekerja-dan untuk mengelola perjanjian yang terjadi.
Kehadiran serikat kerja mengubah secara signifikan beberapa aktivitas sumber daya manusia. Proses perekrutan, prosedur seleksi, tingkat upah, kenaikan gaji, paket tunjangan, system keluhan, dan prosedur disiplin dapat berubah secara drastis disebabkan oleh ketentuan perjanjian perundingan kerja bersama (collective bargaining agreement). Tanpa kehadiran serikat pekerja, perusahaan leluasa mengambil keputusan unilateral menyangkut gaji, jam kerja, dan kondisi kerja. Keputusan ini dilakukan oleh perusahaan tanpa masukan atau persetujuan dari kalangan pekerja. Pekerja-pekerja yang tidak menjadi anggota serikat pekerja harus menerima persyaratan manajemen, menegosiasikannya dengan serikat pekerja dalam hal pengambilan keputusan bilateral (bilateral decision making) mengenai tingkat gaji, jam kerja, kondisi kerja, dan masalah keamanan kerja lainnya. Alih-alih menghadapi setiap pekerja secara satu per satu, perusahaan harus berunding dengan seriakat pekerja yang mewakili kalangan pekerja.
Serikat pekerja biasanya mencoba memperluas pengaruhnya ke dalam wilayah lain manajemen seperti penjadwalan kerja, penyusunan standar kerja, desain ulang pekerjaan, dan pengenalan peralatan dan metode baru. Perusahaan umumnya juga menolak pelanggaran batas ke dalam wilayah pengambilan keputusan ini dengan mengklaim bahwa persoalan tersebut merupakan hak prerogatif manajemen.



B.       Tujuan Serikat Pekerja
1.                  Memberikan hak – hak yang secara hukum tidak dapat diperoleh tanpa adanya serikat buruh.
2.                  Membantu perusahaan melalui konsep upah atau kerjasama dalam usaha – usaha bersama di pekerjaan
3.                  Meningkatkan dan menjamin keamanan individual dari ancaman dan situasi yang bisa muncul karena fluktuasi pasar, perubahan teknologi atau keputusan manajemen
4.                  Mempengaruhi hubungan kekuasaan dalam sistem sosial dengan cara-cara yang mendukung
5.                  Memajukan kesejahteraan semua pihak yang bekerja untuk kehidupan baik anggota ataupun bukan
6.                  Menciptakan mekanisme untuk menangkal penggunaan kebijakan yang sewenang-wenang di tempat kerja
Bagi perusahaan, keberadaan sebuah serikat buruh dapat memengaruhi kemampuan mereka mengelola sumber daya manusia mereka yang vital. Bagi para pekerja, serikat buruh dapat membantu mereka untuk memperoleh apa yang mereka inginkan (misalnya kenaikan upah, keamanan kerja) dari perusahaan mereka. Bagi manajemen, Serikat Pekerja dapat mengakibatkan kurangnya fleksibilitas dalam penerimaan pekerja baru, penugasan – penugasan, dan perkenalan metode kerja baru seperti otomatisasi; hilangnya kendali; praktek – praktek kerja yang tidak efisien; struktur pekerjaan yag tidak fleksibel.
Serikat buruh memberikan kepada anggotanya hak – hak yang secara hukum tidak dapat diperoleh tanpa adanya serikat buruh. Hal ini, tentunya, mendorong peerusahaan yang mempunyai serikat buruh untuk mempertimbangkan reaksi para pekerjanya terhadap banyak keputusan yang diambilnya. Walaupun begitu, dalam beberapa kasus, perusahaan – perusahaan yang tidak memiliki serikat buruh, dan ingin tetap seperti itu, memberi pertimbangan dan tunjangan – tunjangan yang lebih kepada para pekerjanya. Sebagai akibatnya, sebuah perusahaan yang mempunyai serikat buruh mungkin atau mungkin tidak mengeluarkan biaya lebih daripada perusahaan yang tidak memiliki serikat buruh.
Serikat buruh membantu perusahaan melalui konsesi upah atau kerjasama dalam usaha – usaha bersama di pekerjaan, seperti program kerja kelompok atau Scanlon Plan, yang memungkinkan perusahaan melakukan usaha – usaha penyelamatan, terutama di masa – masa sulit, namun tetap menguntungkan dan kompetitif. Hal ini terjadi pada industry – industry mobil, baja, dan perusahaan penerbangan. Serikat buruh juga dapat membantu mengidentifikasi bahaya – bahaya dalam pekerjaan dan meningkatkan kualitas kehidupan kerja para pekerja.

C.      The Labor Movement (Pergerakan Buruh)
1.             1790–Skilled craftsmen organize into trade unions.
2.             1869–The Knights of Labor seek social reform.
3.             1886–American Federation of Labor pursues bread and butter and improved working conditions.
4.             1935–National Labor Relations Act fosters organizing and the rapid growth of labor unions.
5.             1947–Taft-Hartley Act regulates union activities.
6.             1955–AFL and CIO merge.
7.             1970s–Union membership peaks and begins to steadily decline.

D.      Daya Tarik Serikat Pekerja
Serikat buruh pada awalnya dibentuk sebagai jawaban terhadap eksploitasi dan penyalahgunaan pekerja oleh manajemen. Untuk memahami nengapa para pekerja emutuskan untuk masuk atau tidak masuk serikat buruh.
Keputusan untuk Bergabung dengan Serikat Buruh
Tiga kondisi yang berdiri sendiri mempengaruhi dengan kuat keputusa pekerja untuk masuk serikat buruh, yaitu:
ü  Ketidakpuasan. Ketika seseorang menerima pekerjaan, kondisi – kondisi tertentu pekerjaan (upah, jam kerja, dan jenis pekerjaan) disebutkan dalam kontrak pekerjaan. Suatu kontrak psikologis juga terdapat antara perusahaan dan pekerja, berisikan harapan – harapan tidak tertulis pekerja mengenai kondisi – kondisi kerja yang memadai, kebutuhan – kebutuhan pekerjaan itu sendiri, besarnya upaya yang harus dikeluarkan untuk pekerjaan tersebut, dan wujud otoritas yang dimiliki perusahaan dalam mengarahkan pekerjaan para pekerja. Harapan – harapan ini berkaitan dengan keinginan pekerja untuk memuaskan preferensi – preferensi pribadinya di tempat kerja. Seberapa jauh perusahaan mampu memuaskan preferensi – preferensi ini menentukan tingkat kepuasan pekerja.
Ketidakpuasan terhadap persyaratan – persyaratan dan kondisi – kondisi implisit pekerjaan akan membuat pekerja berupaya mengubah situasi pekerjaan, seringkali melalui Serikat Pekerja. Suatu studi penting menemukan hubungan yang sangat kuat antara tingkat kepuasan dan proporsi para pekerja yang memilih masuk serikat buruh. Hampir seluruh pekerja yang merasa puas dengan manajemen menolak masuk serikat buruh. Oleh karena itu, jika manajemen ingin agar Serikat Pekerja menjadi kurang menarik bagi para pekerjanya, perusahaan harus menciptakan kondisi kerja yang lebih memuaskan.
ü  Kurangnya kekuasaan. Serikat Pekerja jarang sekali menjadi jalan keluar pertama yang diambil oleh para pekerja yang tidak puas dengan beberapa aspek dari pekerjaan mereka. Upaya untuk meningkatkan situasi kerja biasanya pertama kali dilakukan oleh seseorang dengan bertindak sendirian. Seseorang yang mempunya cukup kekuasaan atau pengaruh dapat memengaruhi terjadinya perubahan – perubahan yang diperlukan tanpa harus berkolaborasi dengan orang – orang lain. Besarnya kekuasaan yang dipunyai seorang pekerja di perusahaan ditentukan oleh eksklusivitas, atau seberapa sulit mengganti orang tersebut.
ü  Instrumentalitas serikat buruh. Jika para pekerja percaya bahwa serikat buruh mampu membantu menyelesaikan masalah yang mereka hadapi, mereka akan menimbang – nimbang nilai manfaat yang diperoleh melalui serikat pekerja dibandingkan dengan kerugian – kerugiannya.

E.       Tipe – Tipe Serikat Pekerja
1.                  Craft Unions
Yaitu serikat pekerja yang anggotanya terdiri dari para pekerja atau pekerja yang mempunyai ketrampilan yang sama, seperti misal tukang-tukang kayu, tukang batu, dsb.
2.                  Industrial Unions
Yaitu serikat pekerja yang dibentuk berdasar lokasi pekerjaan yang sama. Serikat ini terdiri dari para pekerja yang tidak berketrampilan (unskilled) maupun yang berketrampilan (skilled) yang ada dalam suatu perusahaan atau industri tertentu tanpa memperhatikan sifat pekerjaan mereka.
3.                  Mixed Unions
Yaitu serikat pekerja yang mencakup para pekerja terampil, tidak terampil dan setengah terampil dari suatu lokal tertentu tidak memandang dari industri mana. Bentuk serikat pekerja ini mengkombinasikan antara craft unions dan industrial unions.

F.       Pengertian Perundingan Kerja Bersama (Collective Bargaining)
Perundingan kerja bersama (collective bargaining) adalah proses dimana perwakilan serikat pekerja (representative) dua kelompok bertemu dan bermaksud untuk merundingkan atau negosiasi suatu perjanjian yang mengatur hubungan-hubungan kedua pihak di waktu yang akan datang. Dalam kerangka serikat pekerja dan manajemen, perundingan kolektif merupakan proses negosiasi antara pihak pekerja yang diawali oleh serikat pekerja dengan pihak manajemen untuk menetapkan syarat-syarat hubungan kerja.
Proses ini meliputi pengakuan awal hak dan kewajiban dari serikat pekerja dan manajemen, negosiasi sebuah kontrak tertulis mengenai gaji, jam kerja, dan kondisi kerja lainnya dan interpretasi serta penerapan kontrak selama periode waktu berlakunya proses perundingan kerja bersama mempunyai tiga fungsi utama:
1.                  Menyusun dan merevisi peraturan kerja melalui negosiasi perjanjian atau kontrak kerja.
2.                  Melaksanakan hasil perundingan kerja bersama.
3.                  Membentuk sebuah metode penyelesaian perselisihan selama masa berlakunya kontrak.

G.      Proses Perundingan Kerja Bersama
Memutuskan suatu masalah yang ada tergantung pada hal-hal berikut:
1.                  Kualitas hubungan serikat dengan menejemen
2.                  Proses yang dilakukan oleh buruh dan menejemen
3.                  Strategi perundingan menejemen dalam perundingan kolektif
4.                  Strategi serikat pekerja dalam perundingan kolektif.




H.      Faktor-Faktor Pengaruh Dalam Perundingan Kerja Bersama
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perundingan kerja bersama yang akan mempengaruhi sikap, proses dan hasil perundingan. Diantara faktor-faktor tersebut adalah:
1.                  Cakupan perundingan
Yaitu banyaknya buruh yang akan terkena hasil perundingan atau perjanjian kerja. Apakah berlaku untuk para pekerja dalam suatu departemen, divisi, perusahaan atau seluruh pekerja dalam suatu industri.
2.                  Tekanan-tekanan perundingan serikat pekerja
Serikat pekerja mempunyai beberapa strategi dan taktik tertentu yang digunakan untuk memaksakan kelonggaran-kelonggaran yang lebih besar dai perusahaan. Selain menggunakan taktik tawar-menawar atau sering dikenal dengan istilah “perdagangan sapi”, ada tipe lain yang kadang-kadang digunakan:
ü   Pemogokan (strikes)
Pemogokan adalah tindakan yang dilakukan oleh anggota serikat buruh yang menolak bekerja dalam rangka untuk mengerahkan dan meyakinkan manajemen dalam negosiasi. Pemogokan / perhentian produksi dapat mengakibatkan kehilangan pelanggan dan pendapatan.
Mogok kerja adalah tindakan pekerja/buruh yang direncanakan dan dilaksanakan secara bersama-sama dan/atau oleh serikat pekerja/serikat buruh untuk menghentikan atau memperlambat pekerjaan (UURI No 13 Tahun 2003)
ü   Picketing (mencegah pekerja-pekerja yang ingin masuk kerja sewaktu diadakan pemogokan)
ü   Boikot 
Boikot adalah penolakan oleh anggota serikat pekerja untuk menggunakan atau membeli produk perusahaan dimana anggota serikat pekerja tersebut bekerja. Boikot memberikan tekanan ekonomi pada manajemen, yang efeknya lebih lama dari itu sebuah pemogokan.
3.                  Peranan pemerintah
Kedua belah pihak, serikat pekerja dan buruh, sering lebih senang mempersilahkan intervensi pemerintah untuk menyelesaikan berbagai masalah hubungan kerja mereka. Intervensi ini paling tidak dalam bentuk perundang-undangan dan peraturan di bidang perburuhan.
4.                  Kesediaan perusahaan
Kesediaan perusahaan untuk berunding secara terbuka dengan serikat pekerja ditentukan oleh kemampuan atau kekuatan perusahaan, filsafat kepemimpinan, gaya manajemen dan kemungkinan penggunaan alat-alat pemaksa (misal, pemecatan, skorsing, demosi, dsb)

I.         Persiapan perundingan
Strategi menejemen;
1.                  Mempersiapkan usulan perubahan dalam bahasa kontrak
2.                  Menetapkan standar umum paket ekonomi yang diantisipasi perusahaan untuk ditawarkan selama perundingan.
3.                  Mempersiapkan data statistic dan data pendukung yang akan digunakan perusahaan selama proses negosiasi
4.                  Mempersiapkan buku yang akan dipakai oleh para negosiator perusahaan.
Strategi serikat pekerja:
1.                  Kondisi keuangan perusahaan dan kemampuan perusahaan untuk membayar
2.                  Sikap menejemen terhadad berbagai hal, seperti tercermin dalam negosiasi yang telah llewat dan tampak dari negosiasi-negosiasi dalam perusahaan-perusahaan serupa.
3.                  Sikap dan keinginan para pekerja.

J.        Penyelesaian konflik
Berikut ini ada beberapa hal yang akan dilakukan oleh serikat pekerja untuk menanggapi ketidaksepakatan menejemen dalam perundingan kolektif:
1.                  Pemogokan (strikes)
Pemogokan adalah tindakan yang dilakukan oleh anggota serikat buruh yang menolak bekerja dalam rangka untuk mengerahkan dan meyakinkan manajemen dalam negosiasi. Pemogokan / perhentian produksi dapat mengakibatkan kehilangan pelanggan dan pendapatan.
Mogok kerja adalah tindakan pekerja/buruh yang direncanakan dan dilaksanakan secara bersama-sama dan/atau oleh serikat pekerja/serikat buruh untuk menghentikan atau memperlambat pekerjaan.(UURI No 13 Tahun 2003)
2.                  Boikot 
Boikot adalah penolakan oleh anggota serikat pekerja untuk menggunakan atau membeli produk perusahaan dimana anggota serikat pekerja tersebut bekerja. Boikot memberikan tekanan ekonomi pada manajemen, yang efeknya lebih lama dari itu sebuah pemogokan.
3.                  Byline Strike
Byline strike adalah  menulis di surat kabar dengan menyembunyikan namanya.
4.                  Information Picketing
Membagikan selebaran ke luar perusahaan agar masyarakat melihat masalahnya.
5.                  Secondary Boycott
Upaya yang dilakukan serikat pekerja  untuk mendorong pihak ketiga melakukan hal yang diinginkan serikat pekerja agar perusahaan merasa tertekan. Misalnya berupaya agar pemasok dan pelanggan untuk berhenti melakukan bisnis dengan perusahaan
6.                  Lockout
Keputusan manajemen untuk mempertahankan pekerja yang keluar dari tempat kerja dan pihak manajemen berupaya untuk beroperasi dengan orang atau penggantian merek sementara.








BAB III
SIMPULAN DAN SARAN

Simpulan
Serikat pekerja (labour union atau trade union) adalah organisasi para pekerja yang dibentuk untuk mempromosikan atau menyatakan pendapat, melindungi, dan memperbaiki, melalui kegiatan kolektif, kepentingan-kepentingan sosial, ekonomi, dan politik para anggotanya. Kehadiran serikat kerja ini mengubah secara signifikan beberapa aktivitas sumber daya manusia. Hal ini disebabkan oleh ketentuan perjanjian perundingan kerja bersama (collective bargaining agreement). 
Saran
Berdasarkan makalah ini dapat diambil pelajaran bahwa sebuah perusahaan tanpa pekerja ataupun sebaliknya tidak akan dapat berjalan dengan baik. Dalam hal ini serikat pekerja diharapkan dapat membantu menyelesaikan masalah – masalah yang berkaitan dengan pekerjaan mereka. Dalam hal ini penulis menerima kritik, saran yang mendukung demi terciptanya makalah ini.




3 opmerkings:

  1. wah makasih yaaa.. kebetulan ada tugas :)

    AntwoordVee uit

  2. FBS Indonesia – FBS ASIAN adalah salah satu Group Broker Forex Trading FBS Markets Inc
    yang ada di ASIA dimana kami adalah online support partner fbs perwakilan yang sah dipercayakan oleh perusahaan FBS untuk melayani semua klien fbs
    di asia serta fbs yang ada di indonesia.
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. FBS MEMBERIKAN BONUS 5 USD HADIAH PEMBUKAAN AKUN
    3. SPREAD FBS 0 UNTUK AKUN ZERO SPREAD
    4. GARANSI KEHILANGAN DANA DEPOSIT HINGGA 100%
    5. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya
    Buka akun anda di fbsasian.com.
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : fbs2009

    AntwoordVee uit